Minggu, Maret 14, 2010

ente nge-Blog u/ apa..?

Anyway ngomongin soal blog. Memang kita kudu renungin buat apa kita ngeblog. Buat apa kita melakukan sesuatu. Nah, untuk menjawab soal ntu, Kita mesti paham dulu hakikat dari untuk apa kita diciptakan Allah di dunia ini. Perfectly right! Kita diciptakan di dunia ini buat beribadah kepada-Nya. So apapun yang kita lakukan, mestilah dalam rangka untuk beribadah kepada-Nya. Ntah itu kerja kah, nikah, nulis, baca, anything. Include ngeblog. Jangan sampe kita cuma nyangkut doang di dunia ini tanpa manfaat apa-apa. Sama juga kek di dunia blog, jangan sampe kita cuma nampang, komen wesewes tanpa manfaat sama sekali. Sayang sekali. Padahal wadah ini bisa jadi ladang pahala buat kita. “Sebaik-baik manusia di antaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain.” (hr. Bukhari – Muslim)
Isi blog? Isi blog menurutku tergantung apa yang di alami penulis, apa yang dirasakannya, apa yang diyakininya, apa yang ada di imajinasinya, apa yang diperjuangkannya, apa yang ada dipikirannya, bisa juga hasil co-past dari web atau blog wanita lain, eh bloggers lain. No problemo. Sing penting membawa manfaat. Soal cara penyampaian? Masing-masing orang beda. Masing-masing memiliki karakternya sendiri-sendiri. Ada yang serius, ada yang nyantai, ada yang nyastra, ada yang humoris, melankolis, psikopat, dll. Yang penting punya tujuan dan ngena’. Just be you. Karena Allah ciptain kita dengan beda2 warna, namun tetap dengan satu tujuan : beribadah kepada-Nya. Beda itu agar indah. Kalo sama, bisa datar banget hidup ini, bahkan bisa kacau. Be easy. Kita punya cita rasa masing2, keistimewaan masing2. Terasah or not tergantung kitanya.
Dan lagi soal dakwah. Keknya banyak yang pikirannya kaku, saklek soal kata yang satu ini. Tak perlu berlabel ustadz atau ustadzah untuk menyeru pada kebaikan. Apapun background kamu, apapun makanan kamu, tetep sama, kamu punya tugas dakwah di masing-masing pundak. En ntar bakal kamu tanggungjawapin semua tugas2 ntu di hadapan Allah. Jadi jangan mikir bisa ngeles.
“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali Imran [3] : 104).
”Sungguh jika Allah memberi petunjuk kepada seseorang melalui engkau (dakwah engkau) maka itu lebih baik bagimu daripada engkau memiliki onta merah.” (HR. Muslim)
“Sampaikanlah dariku walau seayat” (H.R. Bukhari)
Ga’ mesti ceramah. Lewat apa saja it can be. Bisa pake’ Puisi or sajak (kaya’Taufik Ismail), film (kaya’ Chairul Umam), musik (kaya’ Izzatul Islam or Ebiet. B), Buku (banyak ini mah), lewat lisan, lewat perbuatan, dan lain-lain. Atau contoh paling kecil, notes yang biasa MP’ers gunain.
“KEMBANG YANG BAIK UNTUK KAMBING YANG BAIK, GITU JUGA KAMBING YANG BAIK UNTUK KEMBANG YANG BAIK”. Padahal intinya cuma mau nyampein ayat wanita yang baik untuk laki yang baik (QS. ). Atau notes “MAKAN TU GA’ BOLEH NUNGGING. APALAGI SAMBIL SALTO. APALAGI PAKE’ KAKI. RASULULLAH BERSABDA, “UCAPKANLAH BISMILLAH, MAKANLAH DENGAN TANGAN KANANMU, DAN MAKANLAH YANG DIDEKATMU.” (HR. BUKHARI-MUSLIM). Padahal saya cuma mau nyampein sabda Rasulullah kalo makan pake tangan kanan dan di anjurkan untuk duduk. Kan maksudnya baik *mukamelas*.
Seperti notes nya mba’ Rien juga. Judul awal notes nya “BLOG MU JELEK! Hampir aja bikin saya bawa golok. Intinya adalah “ngeblog tu apa dan buat apa?”. Hasil notes kecil beliau itu adalah diskusi, dan tentu saja tulisan yang saya buat ini. Judul strange kadang diperluin. Satu paket dengan kemasan+isi menarik lebih diperlukan lagi agar tulisan bisa bikin “orang bawa golok” (baca :penasaran). Terpenting kamu tau tujuan kamu berbuat (baca : hidup) itu apa. Alat-alat nya udah disediain oleh Allah. Mari rebutan! (baca : fastabiqul khairat).
Well semoga bermanfaat postingan yang acak-adut ini. And thanks to mba’ Rien for being my inspiration today (tsaaah,,). Jika notes kecil berisi “BLOG MU JELEK!,,,,,” bisa menghasilkan tulisan. Gimana pula dengan karya-karya besar. Kadang hal besar Itu awal mulanya dari yang kecil lho. So don’t be shy-shy. Keep fight for Allah!
-LAA IZZATA ILLA BIL ISLAM-

Tidak ada komentar: